-800x600.jpeg)
Menggali Kreativitas dan Critical Thinking: Kunjungan Siswa SMAN 2 Kahayan Tengah ke Laboratorium Kimia Universitas Palangkaraya
Sebanyak
tiga orang guru dari mapel Kimia, Biologi dan Fisika serta 15 orang siswa SMAN
2 Kahayan Tengah berkesempatan untuk berpartisipasi dalam program kunjungan ke
Laboratorium Kimia Universitas Palangkaraya pada 14 Oktober 2024. Kegiatan ini
merupakan bagian dari pelaksanaan Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang
mengusung tema "Optimalisasi
Laboratorium Kimia dan Sikap Siswa Terhadap Pemanfaatan Laboratorium dalam
Meningkatkan Kreativitas dan Critical Thinking Melalui Praktikum IPA."
Program
ini bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis kepada para siswa dalam
memanfaatkan laboratorium kimia secara optimal, serta mendorong peningkatan
kreativitas dan kemampuan berpikir kritis melalui praktik langsung. Dalam
kunjungan ini, siswa-siswi SMAN 2 Kahayan Tengah berkesempatan untuk mengenal
lebih dekat peralatan laboratorium, melakukan eksperimen, serta belajar tentang
prosedur keselamatan di laboratorium.
Kegiatan dibuka dengan sambutan dari tim dosen Universitas Palangkaraya yang dipimpin oleh. Beliau menjelaskan pentingnya laboratorium sebagai sarana pembelajaran yang mendukung pemahaman konsep ilmiah melalui metode praktikum. "Laboratorium adalah jantung pembelajaran sains. Melalui praktikum, siswa tidak hanya mempelajari teori, tetapi juga mendapatkan pengalaman langsung yang memperkuat pemahaman mereka,” ungkapnya.
Para
siswa pun antusias saat diberikan kesempatan untuk melakukan beberapa percobaan
kimia sederhana yang berfokus pada materi IPA yang mereka pelajari di sekolah.
Mereka juga didorong untuk mengembangkan kreativitas mereka dalam menyusun
hipotesis dan memecahkan masalah yang dihadapi selama praktikum. Sikap kritis
siswa terhadap setiap hasil percobaan menjadi salah satu poin penting yang
ditekankan dalam kegiatan ini.
Salah
seorang siswa, Salma Olivia dari kelas XI A, mengaku sangat tertarik dengan
kegiatan ini. "Praktikum di laboratorium Universitas Palangkaraya ini
sangat mengesankan. Kami bisa belajar banyak hal baru yang tidak hanya
teoritis, tapi langsung praktek. Kami juga diajarkan untuk berpikir kritis
dalam menghadapi setiap eksperimen," ujarnya.
Kepala
SMAN 2 Kahayan Tengah, Bapak Toto Pujiharyanto, S.Pd., menyampaikan
apresiasinya kepada Universitas Palangkaraya yang telah menyambut baik kunjungan
ini. "Kami berharap pengalaman ini dapat memberikan wawasan baru bagi para
siswa tentang pentingnya laboratorium dalam proses belajar mengajar, serta
mendorong mereka untuk lebih kreatif dan kritis dalam mempelajari sains,"
katanya.
Kegiatan
ini ditutup dengan sesi tanya jawab antara dosen dan siswa, yang diikuti dengan
diskusi singkat mengenai cara optimal memanfaatkan fasilitas laboratorium untuk
menunjang pembelajaran. Diharapkan melalui program ini, siswa-siswi SMAN 2
Kahayan Tengah akan semakin terinspirasi dan termotivasi dalam belajar,
khususnya di bidang ilmu pengetahuan alam